12 Makanan Sehat Bergizi Yang Baik Dikonsumsi Penderita TBC Kelenjar

12 Makanan sehat bergizi yang baik dikonsumsi penderita tbc kelenjar – Penyakit TBC kelenjar digolongkan ke dalam TB ekstra paru. TBC kelenjar disebabkan oleh infeksi kuman M tuberculosis yang menyerang kelenjar.

12 Makanan Sehat Bergizi Yang Baik Dikonsumsi Penderita TBC Kelenjar

Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa terjadinya pembesaran kelenjar getah bening yang lambat dan tidak nyeri.

Dikutip dari alodokter.com, sebenarnya tidak ada pantangan khusus bagi penderita TBC kelenjar. Penderita TB kelenjar disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi dan menjauhi pola hidup tidak sehat seperti merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, minuman bersoda, makanan berlemak, makanan berminyak, makanan cepat saji, dll.

12 Makanan Sehat Bergizi Yang Baik Dikonsumsi Penderita TBC Kelenjar dan Gangguan Pada Tiroid Lainnya

Selain dengan melakukan perawatan medis agar dapat terhindar dan sembuh dari TBC kelenjar.

Anda juga bisa mengobati masalah pada tiroid, salah satunya TBC kelenjar dengan memasukkan makanan penangkal tiroid dalam menu harian Anda. Simak apa saja makanan yang baik untuk penderita TBC kelenjar/ penyakit tiroid menurut Boldsky berikut ini!

Bayam

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin, protein, mineral, dan yang paling penting adalah asam lemak omega-3. Anda bisa menyertakan bayam kedalam menu harian Anda untuk menjaga metabolisme tubuh.

Bawang putih

Rempah yang satu ini diketahui kaya akan kandungan selenium yang tidak hanya sehat untuk tiroid, tetapi juga baik untuk pasien diabetes dan jantung.

Brokoli

12 Makanan Sehat Bergizi Yang Baik Dikonsumsi Penderita TBC Kelenjar Si sayuran hijau brokoli dipercayai dapat mengurangi senyawa-senyawa yang membahayakan bagi fungsi tiroid.

Daging merah

Daging merah (misalnya sapi) sangat kaya akan zat besi yang sehat bagi tubuh. Namun ingat, Anda pasien tiroid atau tbc kelenjar harus memilih daging merah yang rendah lemak.

Gandum

Gandum murni seperti beras merah, oatmeal dan barley sangat kaya akan kandungan vitamin B dan nutrisi yang dapat meningkatkan meabolisme tubuh Anda.

Hal ini dapat merangsang kelenjar tiroid untuk mengeluarkan hormon tiroid.

Hati sapi

12 Makanan Sehat Bergizi Yang Baik Dikonsumsi Penderita TBC Kelenjar Vitamin B12 dan selenium yang terkandung dalam haru sapi harus disertakan dalam menu siet sehat Anda, untuk menyeimbangkan kekurangan selenium yang pada akhirnya dapat mengobati penyakit tiroid.

Jamur

Kekurangan selenium merupakan salah satu penyebab munculnya gangguan tiroid. Jamur merupakan sumber makanan yang kaya akan selenium.

Kentang

Kentang juga ternyata memiliki kandungan yang kaya akan zat yodium yang baik untuk Anda penderita TBC kelenjar. Dengan mengkonsumsi kentang secara rutin dapat memenuhi kebutuhan yodium Anda sekita 60 mcg.

Namun, sebaiknya Anda memilih jenis kentang yang baik misalnya kentang organik untuk menu makan sehat Anda.

Minyak kelapa

Asam lemak esensial dalam minyak kelapa dapat dengan cepat diubah menjadi energi dan bisa mengatur fungsi tiroid.

Stroberi

12 Makanan Sehat Bergizi Yang Baik Dikonsumsi Penderita TBC Kelenjar

Anda membutuhkan makanan yang mengandung yodium untuk membantu tiroid mengelola metabolisme, detoksifikasi dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan.

Telur

Produk makanan yang berasal dari unggas dan susu sangat baik untuk membantu mengatasi masalah tiroid. Kedua produk tersebut tidak hanya kaya akan kalsium, juga merupakan sumber zat besi dan yodium.

Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang baik bagi tubuh. Selain itu, Antioksidan dalam tomat juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Itulah 12 makanan sehat bergizi yang baik dikonsumsi penderita TBC kelenjar. Dengan mengetahui asupan makanan yang baik dan tepat bagi tubuh Anda, akan membantu penyembuhan penyakit lebih cepat.

Agar perawatan tbc kelenjar tiroid lebih efektif, selain dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi dan mengatur pola hidup yang sehat, Anda bisa menambahkan obat herbal yang dapat membantu mempercepat penyembuhan serta menjaga dan meningkatkan tubuh Anda agar tidak mudah sakit.

Untuk obat herbalnya kami rekomendasikan QnC Jelly Gamat dari 100% teripang (gamat emas) yang efektif dalam membantu mencegah dan mengobati beragam penyakit, termasuk TBC kelenjar.

Terimakasih sudah berkunjung, semoga artikelnya bermanfaat dan Anda bisa hidup lebih sehat lagi dengan mengkonsumsi makanan sehat bergizi yang kaya akan yodium yang baik bagi kelenjar tiroid.

12 Makanan Sehat Bergizi Yang Baik Dikonsumsi Penderita TBC Kelenjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *