Ciri Ciri Penyakit Gondok Secara Umum dan Cara Pencegahannya

Ciri Ciri Penyakit Gondok Secara Umum dan Cara Pencegahannya

Ciri ciri penyakit gondok – Struma atau penyakit gondok dikenal sebagai penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya yodium dalam makanan.

Akibat kekurang yodium, terutama jika terjadi pada ibu hamil dapat berakibat pada kematian bayi, pun jika bayi lahir akan mengalami keterlambatan mental dan atau tuli. Meski ibu tidak menderita penyakit gondok sekalipun.

Ciri Ciri Penyakit Gondok Secara Umum dan Cara Pencegahannya

Pada awalnya, gejala penyakit gondok tidak semua penderita mengalami. Namun apabila terjadi gejala, maka munculnya benjolan abnormal atau pembengkakan pada leher adalah tanda utama yang biasanya dikeluhkan pasien penyakit gondok.

Baca : Kenali gejala kanker tiroid di sekitar Anda!

Ukuran benjolan gondok pun berbeda-beda pada tiap penderita. Benjolan yang berukuran kecil biasanya tidak menimbulkan keluhan apapun.

Meski demikian, benjolan tersebut dapat memengaruhi pernapasan serta menyebabkan penderita mengalami sulit menelan jika ukurannya kian bertambah besar.

Berikut ini ciri atau gejala awal penyakit gondok yang perlu diwaspadai:

  • Sakit tenggorokan.
  • Selera makan menurun/berkurang. Ketika kelenjar tiroid terganggu pada tenggorokan, maka dapat terjadi penurunan selera makan yang cukup drastis. Hal ini disebabkan oleh susah menelan akibat gondok yang terus membesar.
  • Mulai terasa tegang dan nyeri saat mengunyah atau menelan makanan.
  • Ketika malam hari, suhu tubuh tinggi (panas).
  • Kadang sering mengalami telinga berdengung.
  • Muncul benjolan kecil pada tenggorokan yang kemudian membengkak, dan benjolan akan semakin terlihat besar pada tenggorokan.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, terutama sampai sulit menelan dan bernapas ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Karena ditakutkan gondok biasa tersebut akan berkembang menjadi gondok beracun (hipertiroid) yang relatif membahayakan.

Baca : Gejala penyakit hipertiroid

Sebenarnya penyakit gondok ini dapat dicegah dengan mengatur pola makan yang seimbang dan mengatur asupan makanan yang mengandung yodium seimbang, agar kelenjar gondok dan kelenjar tiroid dapat berjalan baik dan normal.

Langkah Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Gondok

Jika dengan mengatur pola makan dan asupan yang mengandung yodium seimbang tidak juga membuat benjolan gondok mengecil, ada beberapa langkah pengobatan yang dapat diambil, meliputi:

» Terapi penggantian hormon – Langkah ini dilakukan untuk menangani hipotiroidisme dengan menggantikan hormon tiroid dan umumnya harus dijalani seumur hidup. Contohnya adalah obat levothyroxine.

» Obat penurun hormon tiroid – Thionamide akan menurunkan kadar hormon tiroid dengan menghambat proses produksinya. Obat ini digunakan untuk mengatasi hipertiroidisme. Namun ada efek sampingnya jika Anda mengkonsumsi obat ini, yakni mual, nyeri sendi, ruam ringan, sertapenurunan jumlah sel darah putih secara mendadak.

» Terapi yodium radioaktif – Terapi ini juga merupakan penanganan untuk hipertiroidisme. Yodium radioaktif yang dikonsumsi akan menghancurkan sel-sel tiroid. Metode pengobatan ini terbukti dapat mengecilkan ukuran benjolan, tapi juga bisa memicu hipotiroidisme.

» Langkah operasi – Benjolan yang terus membesar hingga mengganggu pernapasan dan menyebabkan Anda sulit menelan umumnya ditangani dengan operasi. Langkah ini akan dilakukan dengan tiroidektomi, yakni prosedur pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. Prosedur ini sangat disarankan bagi Anda yang memiliki benjolan tiroid yang mengandung sel-sel kanker.

Namun, operasi ini memiliki risiko. Biarpun kemungkinannya tergolong kecil, Anda yang memilih pengobatan dengan jalan operasi berpotensi mengalami komplikasi kerusakan pada saraf dan kelenjar paratiroid.

Baca : Biaya operasi kelenjar getah bening

Selain terapi di atas, Anda juga disarankan untuk mengikuti pola makan khusus dan bila perlu dampingi dengan obat herbal yang dapat mengurangi kelebihan hormon tiroid, dan menormalkan hormon tiroid yang kurang.

Dengan pengobatan yang aman dan benar diharapkan bisa meminimalisir bahaya atau komplikasi yang bisa terjadi, mengkonsumsi obat herbal yang telah terbukti khasiatnya adalah cara paling efektif sampai saat ini.

Ciri Ciri Penyakit Gondok Secara Umum dan Cara Pencegahannya

QnC Jelly Gamat bisa dijadikan salah satu pengobatan pilihan yang aman dan tanpa efek samping untuk membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit gondok.

QnC Jelly Gamat adalah produk kesehatan herbal multikhasiat yang terbuat dari 100% bahan herbal alami berupa ekstrak teripang emas, sweetener stevia, essen natural, pengemulsi nabati, air RO, serta ekstrak buah dan sayur yang dipercayai memiliki manfaat dalam menormalkan kelenjar tiroid yang berlebihan/kekurangan, serta menyehatkan tubuh secara menyeluruh.

Penggunaan herbal ini secara rutin juga dapat mengempiskan gondok biasa atau beracun tanpa harus operasi dan terapi medis lainnya.

Informasi lengkap mengenai QnC Jelly Gamat, Klik saja di sini!

Bagi Anda yang berminat dengan pengobatan menggunakan ramuan herbal qnc jelly gamat bisa langsung menghubungi agen resminya di 081 323 044 111 atau PIN BBM 299352E8 .

Atau bisa langsung mengirimkan pemesanan via sms dengan format pemesanan sebagai berikut:

QJU : Jumlah pesan : Nama lengkap : Alamat lengkap : No.hp/tlp

Lalu, kirim ke 081 323 044 111

Demikian informasi mengenai ciri-ciri penyakit gondok beserta cara pencegahan dan penyembuhannya. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh…

Ciri Ciri Penyakit Gondok Secara Umum dan Cara Pencegahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *