9 Faktor Penyebab Kanker Mata Yang Jarang Diketahui

9 faktor penyebab kanker mata yang jarang diketahui – Sudah tahukah Anda apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya kanker mata? dan apa sebenarnya pemicu kanker mata yang jarang diketahui namun harus diwaspadai? Temukan jawabannya di halaman ini!

Penyebab Kanker Mata

Sekedar informasi saja bahwa penyakit kanker mata memang merupakan salah satu jenis kanker yang sangat jarang ditemui, namun tetap harus diwaspadai.

Karena pada saat tumbuh dan menyebar, sel-sel kanker pada bagian mata dapat merusak sel-sel normal di sekitranya.

9 Faktor Penyebab Kanker Mata Yang Jarang Diketahui

Kanker mata pada umumnya bermula dari bagian mata ataupun dari organ lain yang sel kankernya menyebar ke bagian mata. Kanker mata yang berasal dari bagian mata disebut kanker mata primer.

Sedangkan kanker mata yang berasal dari organ lain disebut kanker mata sekunder.

Pun gejala kanker mata bereda-beda, tergantung dari jenis kanker yang diderita.

Tetapi berikut ini ada beberapa bocoran mengenai gejala dan tanda kanker mata yang bisa dikenali, di antaranya yakni lapang pandang, adanya gangguan penglihatan, adanya bintik gelap pada iris, serta melihat benda-benda yang seperti beterbangan, garis-garis, atau bintik-bintik.

Selain mengenali ciri dan gejala dari kanker mata, Anda juga harus mengetahui apa yang menjadi penyebab dari penyakit mata yang Anda derita.

Karena mustahil rasanya bisa mengobati penyakit tanpa mengetahui apa yang menjadi penyebabnya.

Faktor Penyebab Kanker Mata Yang Jarang Diketahui, Namun Harus Diwaspadai!

  ⇔  Mutasi DNA

Penyebab kanker mata yang diketahui sejauh ini ialah akibat mutasi gen pada jaringan mata, terutama gen yang mengatur pertumbuhan sel.

Akibat perubahan DNA pada gen yang mengatur pembelakan sel pada jaringan mata inilah yang menyebabkan gen pengatur pembelahan sel tidak berfungsi, sehingga sel-sel mata membelah diri tanpa terkendali.

  ⇔  Paparan Sinar UV

Sering terpapar sinar matahari atau UV secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker mata, termasuk Anda yang sedang menjalani program pencokelatan kulit atau tanning.

Sinar ultra violet ( UV ) yang memancar terus-menerus pada bola mata cenderung bersifat merusak struktur jaringan sel mata. Nah, kerusakan inilah yang dapat memicu terjadinya kanker pada mata.

  ⇔  Pigmen / Orang dengan kulit putih

Ya, orang dengan kulit putih diketahui memiliki kecenderungan lebih tinggi terkena kanker mata atau melanoma mata dibanding orang yang berkulit hitam.

  ⇔  Memiliki bola mata berwarna cerah, seperti biru atau hijau

  ⇔  Pekerjaan

9 Faktor Penyebab Kanker Mata Yang Jarang Diketahui

Peralatan lengkap saat las yang benar/lengkap

Beberapa profesi seperti petani, nelayan, pekerjaan yang berhubungan dengan zat kimia berbahaya dan tukang las, memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker mata dibanding mereka yang tidak bekerja ditempat yang sama.

Ini karena paparan UV dari alat las sangat berbahaya, jadi pastikan Anda menggunakan kacamata pelindung saat bekerja agar terhindar dari risiko kanker mata.

  ⇔  Usia

Risiko kanker mata semakin meningkat seriring bertambahnya usia seseorang. Tak hanya kanker mata, tetapi beberapa penyakit lainnya juga mengintai di hari tua jika Anda tidak melakukan pola hidup sehat di masa muda.

Ketika usia Anda menginjak usia 50 baiknya lakukan check up secara teratur agar mendapat tubuh yang lebih sehat dan meminimalkan risiko terkena berbagai penyakit, termasuk kanker mata.

  ⇔  Penggunaan lensa kontak

Lensa kontak saat ini memang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan agar penglihatan tajam saja tanpa harus menggunakan kacamata, tetapi juga pada sebagian orang banyak yang menggunakan lensa kontak hanya untuk gaya saja.

Disinilah yang justru menjadi masalahnya, pemakaian lensa kontak yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko kanker mata.

Terlebih saat ini banyak dijual lensa kontak dengan harga relatif murah yang belum tentu higienis pembuatannya.

Selain itu, penggunaan lensa kontak terlalu lama juga bisa membuat mata sulit bernapas. Jadi sebaiknya pemakaian lensa mata tidak dilakukan terlalu sering karena mata butuh udara bersih dan kelembaban yang memadai.

Faktor penyebab kanker mata lainnya, seperti:

   ⇔  Memiliki keluarga dengan riwayat melanoma intraokular (keturunan)
  ⇔  Memiliki kelainan atau riwayat kelainan tertentu, seperti banyak tahi lalat atau bercak hitam pada mata

Pemeriksaan dan diagnosis terhadap gejala-gejala dari kanker mata sangat penting dilakukan agar kanker dapat dideteksi sejak dini, dan otomatis untuk pengoabtannya pun tidak begitu sulit.

Jadi, jika Anda ingin terhindar dari penyakit kanker mata baiknya lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Idealnya dilakukan 3-5 tahun sekali ketika berusia di bawah 40 tahun, dan setiap 2 tahun sekali ketika berusia di atas 40 tahun.

Selain itu, menjaga kebersihan mata, mengatur pola makan dan menggunakan kaca mata hitam saat berada di bawah terik matahari juga dapat dilakukan sebegai pencegahan dari penyakit kanker mata ini.

Demikian informasi sederhana mengenai 9 faktor penyebab kanker mata yang jarang diketahui, namun harus diwaspadai! Semoga bermanfaat dan semakin meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap penyakit yang menyerang satu-satunya organ penglihatan ini.

Sampai jumpa di artikel berikutnya…

Posted by : 9 Faktor Penyebab Kanker Mata Yang Jarang Diketahui on Obat kanker kelenjar getah bening

Baca juga : Obat kanker mata tradisional, terbukti ampuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *