7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Amandel (Tonsilitis)

7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Amandel (Tonsilitis) – Ya, memilih makanan sehat terutama bagi Anda yang kini tengah menderita gangguan penyakit seperti tonsilitis atau radang amandel misalnya, merupakan hal penting guna menunjang kesehatan tubuh.

Karena setiap makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan dan proses penyembuhan suatu penyakit.

7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Amandel (Tonsilitis)

Pada dasarnya amandel merupakan dua buah kelenjar getah bening yang terletak di bagian belakang tenggorokan. Amandel berperan penting dalam mencegah infeksi pada saluran pernapasan. Namun terkadang amandel bisa membesar atau membengkak, sehingga terjadi peradangan.

Terjadinya peradangan pada amandel selain sangat mengganggu pada saat makan, juga menimbulkan nyeri pada tenggorokan.

Baca : Waspadai, bahaya radang amandel atau tonsilitis pada anak

Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih makanan yang baik untuk radang amandel sehingga kondisi tersebut tidak semakin parah dan cepat reda.

7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Amandel (Tonsilitis)

Seperti dikutip dari beberapa artikel kesehatan, Ada beberapa jenis makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi Anda penderita penyakit amandel, meliputi:

Bubur

Teksturnya yang lembut dan mudah dicerna oleh tenggorokan membuat bubur menjadi panganan pertama yang dapat Anda pilih sebagai makanan Anda penderita amandel. Anda juga bisa mencampurkan rempah seperti cengkeh atau jahe ke dalam bubur untuk membantu meringankan peradangan yang terjadi pada amandel.

Bayam dan lada hitam

Sayur bayam merupakan pilihan makan kedua yang bisa Anda santap sebagai panganan untuk membantu menyembuhan infeksi tenggorokan akibat tonsilitis. Jangan lupa, tambahkan sedikit bubuk lada hitam yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan mikroorganisme penyebab radang.

Air lemon

Minum air perasan lemon secara rutin dapat mengobati radang amandel. Untuk mendapat khasiat terbaiknya, Anda bisa mencampurkan air perasan lemon dengan beberapa sendok madu, lalu seduh dengan air hangat.

7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Amandel (Tonsilitis)

Madu

Madu memang memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit, salah satuna dalam menyembuhkan infeksi dan peradangan.

Anda bisa langsung mengkonsumsi madu atau dijadikan tambahan ke dalam minuman seperti air lemon atau teh. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih efektifnya, Anda bisa mengkonsumsi madu secara rutin.

Aneka buah berry

Semua jenis berry dapat memasok antioksidan tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, jenis antioksidan yang terkandung di dalamnya bernama antosianin yangd apat membantu sistem imun dalam melawan bakteri penyebab radang.

Buah mengkudu

Kebanyakan orang memang tidak menyukai jenis buah yang satu ini, karena selain rasanya yang tidak begitu enak, aromanya juga tidak sedap. Namun dibalik itu semua, mengkudu memilki khasiat yang bagus untuk mengobati radang amandel.

Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan cara dihaluskan menggunakan blender, lalu sating dan minum secara rutin agar bengkak dan juga radang pada amandel mereda.

Kentang tumbuk

Satu lagi makanan lembut yang mudah dicerna oleh Anda penderita tonsilitis adalah kentang tumbuh. Kentang tumbuh juga bisa membuat kenyang lebih lama, sehingga cocok sebagai pasokan energi untuk Anda penderita tonsilitis, karena Anda tidak harus sering mengkonsumsi makanan lagi demi tetap menjaga tenggorokan tetap nyaman dan bersih dari jenis makanan yang kurang sesuai bagi Anda.

Itulah tujuh jenis makanan yang baik dan dapat membantu penyembuhan radang amandel (tonsilitis) Anda secara alami. Jika rasa sakit dan keluhan yang dirasakan bertambah parah, segera konsultasikan ke dokter. Dan bila perlu konsumsi ramuan herbal yang dapat membantu mempercepat penyembuhan radang amandel.

7 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Radang Amandel (Tonsilitis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *